Lokakarya Implementasi Kerjasama Antara Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi dengan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang

(Dokumentasi Kegiatan)

Semarang (01/11) Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang kedatangan tamu dari Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi. Kunjungan hangat ini bertujuan untuk menjalin silaraturrahmi diantara kedua program studi tersebut. 150 mahasiswa dan 10 dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi melakukan studi banding mengenai pengelolaan Laboratorium Sejarah, jurnal, serta Museum Sejarah yang ada di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang. Bapak Zulqi Miftahudin,M.Pd. selaku ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Siliwangi menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang. Bapak Zulqi sapaan hangatnya, juga menyampaikan bahwa kerjasama yang dilakukan merupakan suatu kebanggaan bagi Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi dan berharap agar pengelolaan tersebut dapat diadopsi oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi agar menjadi Jurusan yang berdaya saing tinggi di Universitas Siliwangi.

Pertemuan antara Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi dengan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang berlangsung di Gedung C7 Lt3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang. Kunjungan yang dilakukan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi merupakan bagian dari kuliah kerja lapangan yang dilakukan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi. Kunjungan ini diawali dengan studi banding antara Himpunan Mahasiswa Sejarah Universitas Siliwangi dengan Himpunan Mahasiswa Sejarah Universitas Negeri Semarang. Dalam studi banding ini, keduanya saling bertukar stuktural serta kinerja Himpunan Mahasiswa masing-masing Program Studi. Dilain tempat, 10 dosen Jurusan Pendidikan Sejarah  Universitas Siliwangi disambut dengan hangat oleh jajaran dosen Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang. Jamuan ini berlangsung kurang lebih 30 menit diruang yang berbeda.

Koordinator Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang, Bapak Andy Suryadi,S.Pd.,M.Pd. memberi sambutan yang sangat khas dengan menyampaikan rangkaian kata-kata puitis yang berkaitan dengan Sejarah. Dosen Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang ini juga mengungkapkan bahwa kunjungan yang dilakukan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi merupakan perwujudan implementasi kerja sama yang dilakukan diantara kedua lembaga tersebut.

Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang menjadi kiblat bagi Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi dalam pengelolaan Laboratorium Sejarah, museum dan khusunya pengelolaan jurnal yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Univesitas Negeri Semarang. 150 mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi mendapat kuliah umum yang disampaikan oleh pemateri yang luar biasa yaitu Bapak Mukhamad Shokeh, S,Pd.,M.Pd.,Ph.D., dan melakukan kunjungan ke Museum Mini serta Laboratorium Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Semarang. Dilain tempat, 10 dosen Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi melakukan studi banding mengenai publish Jurnal Paramita bersama Bapak Tsabit Azinar Ahmad selaku Pengelola Jurnal Paramita. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama yang dilakukan di depan Candi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (MBR)

Leave a comment

Demos

Color Skin

Header Style

Layout

Wide
Boxed