Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Beri Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Fase F Bagi MGMP Sejarah SMA Kabupaten Kudus

Narasumber, Nanda Julian Utama, menyampaikan materi

KUDUS – Bertempat di SMAN 1 Kudus, tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Nanda Julian Utama memberikan pelatihan menyusunan modul ajar fase F bagi MGMP Sejarah SMA Kabupaten Kudus, Rabu (23/8).

Seiring dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka di berbagai jenjang Pendidikan, terdapat beberapa perubahan penggunaan istilah dalam penyusunan perangkat pembelajaran di sekolah, salah satunya adalah Modul Ajar Tipe F. Menurut laman resmi Kemendikbud Modul Ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Sedangkan Fase F dalam kurikulum merdeka merupakan fase yang diperuntukkan bagi kelas 11 dan kelas 12. Dimana dalam penyusunan modul ajarnya diperlukan karakteristik khusus sesuai dengan tingkatan fase dalam kurikulum merdeka. Atas dasar hal baru tersebut, banyak dijumpai kendala-kendala dalam penyusunan modul ajar fase F oleh MGMP Sejarah Kabupaten Kudus. Oleh karena itu tim pengabdian dan mitra sepakat untuk melakukan Kerjasama pengabdian dalam bentuk pelatihan dan pendampingan.

Selama kegiatan berlangsung, tidak ditemukan kendala berarti, justri antusiasme peserta sangat tinggi. Salah satu mengatakan bahwa melalui kegiatan ini dapat memberikan tambahan wawasan mengenai kurikulum merdeka dan penyusunan modul ajar fase F. Bahkan dia berharap kegiatan Kerjasama dalam bentuk pengabdian ini dapat dilakukan setiap tahun dan menyesuaikan dengan kebutuhan mitra.

Leave a comment

Demos

Color Skin

Header Style

Layout

Wide
Boxed