FIS dan Jurusan Sejarah UNNES Gelar Simposium Internasional.

Para penyelenggara dan pembicara dalam acara simposium internasional yang diadakan pada hari senin, 5 Agustus 2019, bertempat di gedung C7 FIS, UNNES.

Pada hari senin, tanggal 5 Agustus 2019, Fakultas Ilmu Sosial dan Jurusan Sejarah menggelar acara simposium internasional. Acara ini merupakan agenda Fakultas Ilmu Sosial dan juga Jurusan Sejarah dalam meningkatkan hubungan akademis dengan pihak lain dalam skala internasional. Acara simposium ini dibuka oleh Dekan FIS Dr. Solehatul Mustofa, M.A., dalam sambutannya Dekan FIS menyambut baik acara ini terutama karena sejalan dengan agenda FIS dan UNNES yang sedang gencar melakukan internasionalisasi dan simposium ini merupakan salah satu langkah nyata untuk merealisasikan internasionalisasi tersebut.

Simposium ini sendiri berisi paparan materi dari beberapa ahli yang diundang oleh penyelenggara, baik dari dalam maupun luar negeri. Adapun yang menjadi pembicara ada 5 orang dari berbagai institusi dari dalam dan luar negeri, yaitu: Balraj Singh (India), Nandita Banerjee (India), Pamphreet Singh (India), Johan Richard Weintre (Ketua IIFAS), dan Maskota Delfi (UNAND, Padang). Tema utama yang diusung adalah melihat hubungan Indonesia-India dari berbagai perspektif terutama dari sisi historis, kultur, dan dari kacamata antropologi. Sedangkan yang menjadi moderator adalah dosen sejarah UNNES, Nanda Julian.

Simposium ini dihadiri oleh mahasiswa dan juga dosen dalam lingkungan FIS. Acara ini sangat menarik karena para pembicara memberikan informasi dan pengetahuan baru terkait dengan tema yang usung. kedepannya diharapkan acara serupa bisa terus dilaksanakan baik oleh jurusan Sejarah maupun jurusan lainnya di dalam Fakultas Ilmu Sosial UNNES (nju).

Leave a comment